KEGIATAN PEMASARAN DALAM MENUNJANG PELAYANAN JASA KEAGENAN KAPAL ASING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Evyana Diah Kusumawati
  • Iik Suryati Azizah Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: jasa keagenan kapal, pemasaran, revolusi industri 4.0

Abstract

Sebuah perusahaan dapat bertahan dari waktu ke waktu membangun perusahaannya, dengan cara tidak hanya mengandalkan para marketer (divisi pemasaran) sebagai ujung tombak pemasukan perusahaan, namun bagaimana cara suatu perusahaan mendapatkan pemasukan perusahaan secara berkesinambungan dengan mengandalkan peran jasa keagenan kapal, pemasaran word of mouth, dan meningkatkan kualitas pelayanan jasa keagenan kapal yang diberikan kepada pelanggan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi, wawancara dan kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari pembahasan adalah bahwa dengan melakukan pelayanan keagenan yang sebaik-baiknya dapat membuat pelanggan (principal) mau menggunakan jasa keagenan secara berkala dan terus menerus. Sehingga hal tersebut berdampak terhadap pemasukan perusahaan yang berkesinambungan. Kesimpulan yang didapat adalah perusahaan keagenan kapal asing yang dapat memberikan jasa keagenan kapal yang cukup baik, dilihat dari tingginya angka repeat order principal, sehingga berdampak pada pemasukan perusahaan yang berkesinambungan.
Published
2019-08-13