Peningkatan Pelayanan Muatan Kendaraan pada Kapal KM. Mutiara Timur 1

(Studi pada PT. Atosim Lampung Pelayaran Cabang Semarang)

  • Tini Utami Politeknik Bumi Akpelni
  • Aditya Mutiara Dewi Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: kapal Roro, peningkatan, pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi yang diterapkan oleh PT Atosim Lampung Cabang Semarang dalam Peningkatan Pelayanan Jasa Penumpang Dan Barang pada Kapal Ro-Ro, serta mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman. Dari hasil  penelitian telah diperoleh bahwa: Strategi peningkatan pelayanan jasa penumpang dan barang Kapal Ro-Ro dapat dikategorikan berhasil dalam mengatasi masalah – masalah yang ada, seperti halnya pelayanan jasa, jaminan kerugian, sarana prasarana, sistem E-Ticketing, kenyamanan dan keamanan. Selain itu, hasil penelitian ini juga berdasarkan pada penggunaan penerapan Lima Elemen Service Quality (ServQual) seperti Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness (RATER) oleh PT Atosim Lampung Pelayaran Cabang Semarang.

Author Biographies

Tini Utami, Politeknik Bumi Akpelni

Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan

Aditya Mutiara Dewi, Politeknik Bumi Akpelni

Program Studi Transportasi Laut

Published
2020-09-30
How to Cite
Utami, T., & Mutiara Dewi, A. (2020). Peningkatan Pelayanan Muatan Kendaraan pada Kapal KM. Mutiara Timur 1 . Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(2), 147 - 155. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i2.109