Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Online Service Terminal Petikemas Koja Jakarta

  • Irena Relani
  • Eko Nur Hidayat Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: real time, terintegrasi, pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap Online Service Terminal Petikemas Koja Jakarta dari     sistem pembayaran, pelayanan yang ada di prosedur dan realisasinya di lapangan. Dalam penyusunan karya tulis ini, Penulis menggunakan beberapa metode atau cara dalam pengumpulan data, yaitu: Metode observasi, Metode Wawancara, dan Metode Kepustakaan. Dari pembahasan diperoleh bahwa pengaruh revolusi industry 4.0 sudah terasa di beberapa sistem pelayanan seperti E – ticket & KIOSK walaupun masih dilakukan dengan semi otomatis, belum ada aplikasi online service secara real time terintegrasi. Hal ini membuat custumer masih harus datang memberikan data secara fisik, karena belum bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Author Biography

Eko Nur Hidayat, Politeknik Bumi Akpelni

Program Studi Teknika

Published
2019-09-30
How to Cite
Relani, I., & Nur Hidayat, E. (2019). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Online Service Terminal Petikemas Koja Jakarta. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 21(2), 120 - 128. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v21i2.28