Optimalisasi Pengoperasian Inert Gas System (IGS) Pada Saat Bongkar Muat

  • Dalmadi Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
  • Dalsih Setiono Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
Keywords: turbo Charger, Variasi, injeksi, Efisiensi

Abstract

Turbo charger adalah suatu komponen yang dipasang pada kendaraan bermotor yang bertujuan untuk meningkatkan daya dari motor dengan melakukan penambahan rapat massa udara yang lebih banyak dibandingkan dengan cara pengisian biasa. Turbocharger terdiri dari sebuah turbin dan sebuah kompresor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Turbo Charger, Variasi derajat awal penyemprotan pompa injeksi (5˚, 10˚, 15˚) sebelum TMA terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar pada mesin DAIHATSU dan diperoleh salah satu cara pemakaian bahan bakar yang hemat dengan menggunakan Turbo Charger dengan memperoleh daya yang besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada interaksi antara pemakaian turbo charger dan derajat awal penyemprotan pompa injeksi terhadap waktu pemakaian bahan bakar yaitu penggunaan Turbo Charger tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi bahan bakar pada mesim DAIHATSU dan Variasi derajat awal penyemprotan pompa injeksi berpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi bahan bakar pada mesin DAIHATSU.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya kendala pada turbo charger terhadap daya dan gas buang pada mesin DAIHATSU

Published
2017-02-01
How to Cite
Dalmadi, & Setiono, D. (2017). Optimalisasi Pengoperasian Inert Gas System (IGS) Pada Saat Bongkar Muat . Majalah Ilmiah Gema Maritim, 19(1), 28-48. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v19i1.36