Optimalisasi Perawatan Pengabut Bahan Bakar Pada Mesin Induk

  • Eka Darmana Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
  • Eko Nur Hidayat Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
Keywords: injector, perawatan, suku cadang

Abstract

Optimalisasi perawatan pengabut bahan bakar mesin induk di atas kapal dilakukan agar kinerja mesin optimal. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode diskriptif. Masalah yang dihadapi adalah perawatan terhadap pengabut bahan bakar sudah dilakukan, tetapi belum optimal yang ditandai dengan sering terjadinya asap hitam yang dihasilkan oleh gas buang (exhaust gas), dikarenakan kurangnya ketersediaan suku cadang (spare part) yang disebabkan karena sering terjadinya pengiriman suku cadang dari perusahaan yang terlambat datang. Solusi yang ditawarkan adalah invetarisasi pemakaian suku cadang, membuat dan melaksanakan perencanaan perawatan dan pemeliharaan terhadap alat pengabut bahan bakar (injector) serta mengajukan pengadaan suku   cadang yang cukup sesuai jadwal perawatan.

How to Cite
Darmana, E., & Nur Hidayat, E. (1). Optimalisasi Perawatan Pengabut Bahan Bakar Pada Mesin Induk . Majalah Ilmiah Gema Maritim, 19(1), 62-73. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v19i1.38