PENGARUH PASCA PANDEMIC COVID 19 TERHADAP HARGA OCEAN FREIGHT DAN EFEKTIVITAS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DALAM LINGKUP EKSPOR IMPOR DI SEMARANG

  • Rekha Dea Febri Anti Politeknik Bumi Akpelni
  • Prabu Junta Nugroho Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: export, human resources, import, ocean freight.

Abstract

Mulai dari pandemi Covid 19 yang menjadi endemi di Indonesia sejak Maret 2020, mengharuskan pemerintah menjalankan kebijakan untuk mengurangi penularan Covid 19, kebijakan tersebut berbentuk pembatasan sosial berskala besar, kebijakan work from home bahkan pemutusan hubungan kerja secara sepihak dan tentunya ketakutan masyarakat dalam beraktivitas. berdampak pada menurunnya mobilitas masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi, baik darat, laut maupun udara. Hal ini berdampak luar biasa bagi semua kalangan, terutama dalam bisnis ekspor dan impor, yang berdampak besar pada logistik. Semakin tingginya tingkat angkutan laut dan kekurangan kontainer juga terbatasnya ruang kapal menjadi sorotan bagi seluruh pengguna di sini, hal ini dirasakan oleh hampir semua pelabuhan di Indonesia. Namun dalam penelitian ini penulis tertarik untuk meneliti di daerah Semarang yang notabene merupakan pelabuhan yang memiliki banyak potensi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tujuan untuk memahami fenomena atau fenomena sosial dengan lebih fokus pada gambaran lengkap tentang fenomena yang diteliti daripada memecahnya menjadi variabel yang saling terkait. Harapannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena tersebut untuk menghasilkan sebuah teori. Karena tujuannya berbeda dengan penelitian kuantitatif, maka prosedur pengumpulan data dan jenis penelitian kualitatif juga berbeda. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan wawancara, kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan memeriksa data ke sumber yang sama dengan teknik/metode yang berbeda. Selain wawancara, peneliti juga mencari data melalui observasi. Perbedaan data yang diperoleh peneliti diolah kembali untuk memastikan data mana yang dianggap valid/valid. Tujuan dari manajemen perusahaan pelayaran ini adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan strategi perusahaan pelayaran di era normal dan dampak perencanaan di massa Covid-19. Dari penelitian ini, penulis ingin mengemukakan agar massa Covid-19 dari beberapa perusahaan pelayaran menerapkan pengelolaannya, khususnya angkutan laut dan efektivitas kinerja sumber daya manusia untuk menjalankan kebijakan di era normal ini. Penelitian ini dapat menjadi panduan bagi seluruh pengguna di Semarang untuk siap dan mempersiapkan diri menyambut era baru dengan baik.

 

Abstract

Starting from the Covid 19 pandemic that was endemic in Indonesia since March 2020, requiring the government to carry out policies to reduce the transmission of Covid 19, these policies took the form of large-scale social restrictions, work from home policies and even unilateral termination of work and of course people's fears in their activities. have an impact on the decrease in community mobility in using transportation services, both land, sea and air. This has had a tremendous impact on all groups, especially in exports and imports business, which is had a huge impact on logistics. The higher level of ocean freight and shortage of containers also limited vessel space is a highlight for all users here, this is felt by almost all ports in Indonesia. However, in this research, the authors are interested in researching in the Semarang area, which in fact is a port which have a lot of potential. This research uses a qualitative method, with purpose to understand social phenomena or phenomena by focusing more on a complete picture of the phenomenon being studied rather than breaking it down into interrelated variables. The hope is to get a deep understanding of the phenomenon to produce a theory. Because the objectives are different from quantitative research, the data collection procedures and types of qualitative research are also different. The data collection in this study was obtained by using interviews, then checking the validity of the data using triangulation. Triangulation is done by checking data to the same source with different techniques/methods. In addition to interviews, researchers also seek data through observation. The differences in the data obtained by the researchers were reprocessed to ensure which data were considered valid/valid. The purpose of this shipping company management is to find out how to implement shipping company strategies in the normal era and the impact of planning in the Covid-19 mass. From this research, the author would like to suggest that the Covid-19 masses of several shipping companies implement their management, especially ocean freight and the effectiveness of human resource performance to carry out policies in this normal era. This research can be a guidance for all users in Semarang to be ready and prepare properly welcome new era.

 

Published
2022-12-23