EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MAPEL PRAKTIK TEKNIK PEMESINAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID 19

  • Rudy Hantoko SMK Negeri 2 Surakarta
Keywords: Google Classroom, Covid-19, Online Learning

Abstract

Aplikasi google classroom merpakan salah satu alternatif aplikasi pilihan untuk pembelajaran daring mapel praktik teknik pemesinan yang harus dilaksanakan mesikpun pada kondisi pandemi covid 19. Mayoritas siswa program teknik pemesinan SMK memilih aplikasi ini karena mudah untuk digunakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) respon siswa dalam kemudahan mengakses aplikasi google classroom, 2) pemahaman materi dalam pembelajaran teknik pemesinan dengan menggunakan google classroom, 3) keefektifan penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran teknik pemesinan secara daring, 4) penggunaan google classroom dalam pembelajaran praktik teknik pemesinan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik jenis survey. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada siswa program teknik pemesinan sebanyak 144 orang siswa yang terdiri dari 3 angkatan pada semester gasal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 50,0 % siswa menyatakan setuju dalam kemudahan mengakses aplikasi google classroom, 44,9 % siswa menyatakan kurang setuju dalam pemahaman materi pembelajaran teknik pemesinan dengan menggunakan google classroom, 50,4 % siswa menyatakan setuju dalam keefektifan penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran teknik pemesinan secara daring, dan 37,4 % siswa menyatakan kurang setuju penggunaan aplikasi google classroom dalam praktik teknik pemesianan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring mapel praktik teknik pemesinan dengan menggunakan aplikasi google classroom kurang efektif.

 

Abstract

The google classroom application is one of the alternative applications of choice for online learning and mapels of machining technique practices that must be carried out even in the conditions of the Covid-19 pandemic. The majority of students of the SMK machining engineering program choose this application because it is easy to use. The purpose of this study is to find out 1) student responses in the ease of accessing the google classroom application, 2) understanding the material in learning machining techniques using google classroom, 3) the effectiveness of using the google classroom application in learning machining techniques online, 4) the use of google classroom in learning mechanical engineering practices. This research method uses descriptive research methods with survey-type techniques. The research instrument used was in the form of a questionnaire given to 144 students of the machining engineering program consisting of 3 batches in the last semester. The results showed that as many as 50.0% of students agreed in the ease of accessing the google classroom application, 44.9% of students expressed disapproval in understanding the learning material of machining techniques using google classroom, 50.4% of students stated that they agreed in the effectiveness of using the google classroom application in learning online machining techniques, and 37.4% of students stated that they did not agree with the use of the google classroom application in technical practice.  ordering. It can be concluded that online learning and machining techniques using the Google Classroom application is less effective

Published
2022-12-23