PENINGKATAN KEPUASAN CUSTOMER DALAM LAYANAN PENDIDIKAN DI POLITEKNIK BUMI AKPELNI

  • Atria Mahrani Politeknik Bumi Akpelni
  • Bunga Aprilia Putri Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: ducation Service, Customer Satisfaction, Customer Service

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasaan pelanggan pengguna jasa terhadap layanan pendidikan Politeknik Bumi Akpelni. Pelayanan customer merupakan peranan penting untuk kelangsungan suatu institusi pendidikan, pelayanan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kepuasan yang diberikan seseorang atau institusi kepada pengguna jasa dalam menyelesaikan masalah dan memuaskan dalam hal tersebut merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus  untuk melayani para taruna/taruni serta peserta diklat, sehingga mereka merasa difasilitasi dengan baik oleh kampus. Taruna/taruni merupakan titik pusat sebagai pengelolaan utama di perguruan tinggi dan jika perguruan tinggi memiliki kualitas yang baik dalam pelayanan dengan sendirinya akan tercapainya kepuasan pengguna jasa dan citra utama sebuah perguruan tinggi terletak pada kepuasan customer mereka. Penelitian ini kami menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi dan studi pustaka. Hasil dari pengujian penelitian ini bahwa pengguna jasa di Politeknik Bumi Akpelni sudah puas terhadap layanan pendidikan dan layanan pelanggan yang diberikan  dan kepuasan pengguna jasa dapat berdampat besar bagi nama besar Politeknik Bumi Akpelni. Terdapat beberapa masukan dari pengguna jasa sebagai dasar untuk melakukan evaluasi untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan.

 

Abstract

This study aims to determine the satisfaction of service users with the educational services of the Akpelni Earth Polytechnic. Customer service is an important role for the continuity of an educational institution, service is an activity that aims to provide satisfaction given by a person or institution to service users in solving problems and satisfying in this case is one of the facilities provided by the campus to serve cadets / cadets and training participants, so that they feel well facilitated by the campus. Cadets / cadets are the central point as the main management in universities and if universities have good cauldrons in service it will naturally achieve the satisfaction of service users and the main image of a college lies in the satisfaction of their customers. This research we used semi-structured interview techniques, observation and literature studies. The results of this research test that service users at the Akpelni Earth Polytechnic are satisfied with the educational services and customer service provided and the satisfaction of service users can be great for the big name of the Akpelni Earth Polytechnic. There are several inputs from service users as a basis for evaluating to be able to further improve services.

Published
2022-12-23