STRATEGI PT PELABUHAN INDONESIA REGIONAL 3 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL PASCA PANYATUAN

  • Suprihono Setyawan Politeknik Bumi Akpelni
  • Tini Utami Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: Global Competition, Post-Unification

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih rinci apa yang menjadi strategi dari PT Pelabuhan Indonesia Regional 3 dalam upaya mempertahankan kinerja dalam pelayanan muatan barang yang ada di wilayah regional 3 yang terdiri dari enam provinsi, dengan 14 pelabuhan dan 6 terminal, dengan rute pelayaran dalam dan luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif analitis, eksploratif dan verifikatif, data primer. Hasil dari penelitian ini adalah PT Pelabuhan Regional 3 telah berhasil membuat pelayanan one top services jasa kepelabuhanan yang meliputi aplikasi online booking, online meeting, self  services acitivity, online customer care, online payment dengan adanya sistem aplikasi online tersebut menjadikan layanan semakin akurat, efisien dan terkontrol, dimana hal ini memungkinkan risiko human error dan ketidaksesuaian data, serta proses monitoring dapat dilaksanakan secara realtime dan terpusat selain itu juga memberikan efisiensi SDM, proses dan waktu.

 

Abstract

This research aims to find out in more detail what is the strategy of PT Pelabuhan Indonesia Regional 3 in an effort to maintain performance in freight services in the regional 3 region which consists of six provinces, with 14 ports and 6 terminals, with domestic and foreign shipping routes. This research uses qualitative methods by conducting analytical descriptive, exploratory and verification approaches, primary data. The result of this research is that PT Pelabuhan Regional 3 has succeeded in making one top services port services which include online booking applications, online meetings, self-service activities, online customer care, online payment with the online application system making services more accurate, efficient and controlled, where this allows the risk of human error and data discrepancies, and the monitoring process can be carried out in real time and centrally besides that it also provides efficiency of human resources, processes and time.

Published
2022-12-23
Section
Articles