Tinjauan Terhadap Pelayanan Penerbitan Surat Ukur Kapal di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam
Abstract
Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah mengetahui dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penerbitan surat ukur di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam dan mengetahui hambatan-hambatan dalam pelayanan penerbitan surat ukur kapal di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan pengamatan langsung di lokasi penelitian yaitu di Kantor KSOP Khusus Batam. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa proses penerbitan surat ukur kapal di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam sudah sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan yang berlaku di Indonesia dan hambatan yang ditemukan dalam penerbitan surat ukur kapal di KSOP Khusus Batam adalah sering terjadi kehilangan dokumen di kantor KSOP Khusus Batam dan kurang tertib dalam pengumpulan dokumen. Hal ini menjadi perhatian karena dalam pengurusan penerbitan surat ukur kapal Kantor Kesyhabandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam agar dapat meningkatkan tertib administrasi agar dokumen-dokumen/persyaratan saat proses penerbitan surat ukur kapal penguna jasa tidak tercecer lagi.