Upaya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam dalam Peningkatan Pelayanan Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam dalam meningkatkan pelayanan proses penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan hasilnya disajikan secara deskriptif. Berdasarkan penelitian, ditemukan tiga permasalahan utama yakni kurangnya ketelitian petugas dalam pemeriksaan administrasi kelengkapan dan keabsahan SPB, adanya kerusakan dan kurangnya sarana-prasarana, serta tidak disiplinnya petugas dalam jadwal jam masuk kantor sehingga menghambat jam buka pelayanan. Peneliti merekomendasikan adanya peningkatan peran Kepala Bidang dalam pemeriksaan lebih lanjut terhadap dokumen, segera diadakannya perbaikan dan pengajuan penambahan sarana-prasarana yang dibutuhkan terutama yang terkait dengan teknologi, serta peningkatan kedisiplinan yang merupakan salah satu dari enam indikator pelayanan publik.