Strategi Kualitas Pelayanan Bongkar Muat Petikemas Empty di Depo Armaco Semarang
Abstract
Kegiatan bisnis depo petikemas kosong pada dasarnya adalah sebagai jasa pelayanan kegiatan menaikkan dan menurunkan (bongkar dan muat) atau kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan oleh eksportir dan importir, khususnya di Jawa Tengah. Tujuan studi ini adalah ingin mengetahui manajemen kegiatan yang dilakukan di suatu depo peti kemas kosong dalam kegiatan operasional bongkar dan muat peti kemas kosong di depo petikemas. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif, dengan melakukan survey lapangan, interview dengan pelaku, diskusi, dan telaah literatur-literatur yang berkaitan. Strategi kualitas pelayanan bongkar dan muat petikemas kosong tidak kalah pentingnya dengan pelayanan operasional lainnya seperti, trucking, ekspedisi muatan kapal laut, forwarding dan lainnya. Kecakapan dan keterampilan sumber daya manusia serta peralatan dalam merawat dan memperbaiki alat bongkar muat peti kemas harus terus dikembangkan.