Strategi Kualitas Pelayanan Bongkar Muat Petikemas Empty di Depo Armaco Semarang

  • Agus Pamungkas Rismilia Putra Politeknik Bumi Akpelni
  • Tini Utami Politeknik Bumi Akpelni
  • Victor Wiku Widyo Bharoto Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: depo, kualitas pelayanan, bongkar muat, petikemas, strategi

Abstract

Kegiatan  bisnis  depo  petikemas  kosong  pada dasarnya adalah sebagai jasa pelayanan kegiatan menaikkan dan menurunkan (bongkar dan muat) atau kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan oleh eksportir dan importir, khususnya di Jawa Tengah. Tujuan  studi  ini  adalah    ingin  mengetahui  manajemen kegiatan yang dilakukan di suatu depo peti kemas kosong dalam kegiatan operasional bongkar dan muat peti kemas kosong di depo petikemas. Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  studi  ini  adalah  metode  kualitatif,  dengan  melakukan  survey lapangan,  interview  dengan  pelaku,  diskusi,  dan  telaah  literatur-literatur  yang  berkaitan.  Strategi kualitas pelayanan bongkar dan muat petikemas kosong tidak  kalah  pentingnya  dengan  pelayanan  operasional  lainnya seperti, trucking, ekspedisi muatan kapal laut, forwarding dan lainnya. Kecakapan dan keterampilan sumber daya manusia serta peralatan dalam  merawat  dan  memperbaiki  alat bongkar muat peti  kemas  harus  terus  dikembangkan. 

Author Biographies

Agus Pamungkas Rismilia Putra, Politeknik Bumi Akpelni

Program studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan

Tini Utami, Politeknik Bumi Akpelni

Program studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan

Victor Wiku Widyo Bharoto, Politeknik Bumi Akpelni

Program studi Teknika

Published
2020-08-03