PERAN PERAWATAN MARINE FUEL OIL (MFO) GUNA MENJAGA KINERJA MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA KAPAL TETAP OPTIMAL

  • Agus Saleh Politeknik Bumi Akpelni
  • Eka Darmana Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: Marine Fuel Oil,, Perawatan MFO,, Sistem Bahan Bakar,, Bunkering Sistem,, Treatment MFO

Abstract

Perawatan pada mesin diesel penggerak utama yang sumber tenaganya dari hasil pembakaran bahan bakar jenis MFO (Marine Fuel Oil) di dalam silinder sangat diperlukan. Bahan bakar MFO adalah produk penyulingan minyak bumi yang tidak termasuk jenis distillate, berjenis residu, berwarna hitam, lebih kental daripada bahan bakar lainnya yang digunakan sebagai sumber tenaga mesin yang optimal. Sehingga bahan bakar MFO harus dirawat sejak proses penerimaan bunker dan penyimpanan di double bottom sampai ke ruang pembakaran  mesin.

Metode yang digunakan dalam studi ini adalah pengamatan langsung dikapal, studi pustaka dengan menelaah instruction manual atau manual book, dan diskusi dengan para crew diatas kapal. Dari data-data selama observasi, studi pustaka dan wawancara kemudian dianalisa dan dirumuskan serta dikemukakan menggunakan metode diskriptif kualitatif.

Hasil dari pembahasan ini menjelaskan bahwa perawatan tidak hanya pada komponen mesin saja, tetapi juga pada bahan bakar MFO. Pentingnya perawatan bahan bakar MFO agar proses kerja mesin diesel menghasilkan tenaga yang optimal dengan memanaskan bahan bakar untuk menurunkan kekentalan agar dapat dipisahkan dari air maupun dari kotoran padat. Selanjutnya filterisasi, gravitasi statis dalam settling tank, dengan Fuel Oil Purifier berdasarkan perbedaan berat jenis pada gaya sentifugal, sehingga proses pemisahan bahan bakar dengan kotoran cair dan padat dapat maksimal.

Published
2021-11-16