PEMBELAJARAN BERBASIS ICT UNTUK MENYIAPKAN SDM DALAM MENGHADAPAI ERA DIGITALISASI TRANSPORTASI LAUT

  • M Aji Luhur Pambudi
Keywords: Transportasi Laut,, Digitalisasi,, Pembelajaran,, ICT

Abstract

Saat ini era revolusi industri 4.0, era serba digital merubah dalam segala hal, terutama dalam sektor pendidikan sudah mengalami perubahan dilihat dari kondisinya. Dengan adanya kecanggihan teknolog, tentu bisa mengubah pola dan sistem berkomunikasi di sektor transportasi laut, perkembangan yang canggih dan cepat telah merubah dinamika proses pembelajaran di dunia pendidikan. Begitu juga di bidang transportasi laut mengalami revlousi dengan mengembangkan kesiapan transportasi laut dalam menghadapi teknologi 4.0 yang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk (i) meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diberikan dengan yang terjadi di bidang transportasi laut era digitalisasi (ii) Mengetahui dan memahami aplikasi aktual yang digunakan di bidang industri maritim, logistik dan transportasi laut.

Metode yang digunakan adalah studi pustaka, konsep data informasi; kualitas informasi, nilai informasi  dan observasi. . Studi pustaka mengumpulkan data yang relevan dari buku, artikel ilmiah, berita, maupun sumber kredibel lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Konsep data informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi pemakainya Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan lewat pengamatan langsung.

Hasil analisis menunjukan penyinkronan kurikulum dapat menjembatani kesenjangan antara di perkuliahan dengan dunia kerja. Sehingga ditemukan link and macth yang sesuai dan sistem teknologi transportasi laut pada pelabuhan memerlukan semacam “pengenalan” dalam dunia pendidikan untuk menyampaikan perubahan sistem pada pelabuhan yang dikemas dalam bentuk materi.

Published
2021-11-16