PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA INSTITUSI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP NILAI PELANGGAN MELALUI DAYA TARIK INSTITUSI DAN PENGALAMAN PELANGGAN AKADEMI PELAYARAN SWASTA DI PULAU JAWA DAN KALIMANTAN

  • Kamsariaty

Abstract

Populasi penelitian adalah sejumlah 3.406, mahasiswa (taruna) akademi pelayaran di pulau Jawa dan Kalimantan. Mengunakan rumus Slovin dengan toleransi 5%, jumlah sampel sebesar 358 responden.

Mengingat besarnya peran strategi promosi terhadap nilai pelanggan akademi pelayaran, maka disarankan agar pihak manajemen untuk selalu meningkatkan strategi promosi akademi pelayaran dengan memberikan informasi melalui iklan, maupun dengan mengunakan strategi lainnya, seperti membuat kegiatan yang berskala nasional, seperti misalnya membuat pertandingan bola persahabatan diantara siswa SMA, dan sederajat. Dengan demikan eksistensi akademi pelayaran swasta tetap terjaga. Penelitian selanjutnya perlu kiranya dilakukan penambahan ruang lingkup penelitian, dengan mempertimbangkan wilayah seluruh akademi pelayaran yang ada di Indonesia, demikian pula pengelompokan dan pemisahan responden berdasarkan Kabupaten/kota di setiap Provinsi, sehingga didapat gambaran yang lebih jelas tentang nilai pelanggan akademi pelayaran di seluruh Indonesia.

Published
2021-11-16