KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENUNJANG TRANSPORTASI LAUT DI ERA DIGITAL

  • Tini Utami
  • Evyana Diah Kusumawati
Keywords: : sumber daya manusia,, perdagangan,, era digitalisasi

Abstract

Perdagangan saat ini telah menuntut pelabuhan yang merupakan pintu gerbang perdagangan untuk dapat mengimplementasikan secara digitalisasi. Pengembangannya lebih mengarah pada peningkatan sarana dan prasarana yang distandarkan, agar pelayanan jasa kepelabuhan lebih efektif dan efisien. Kesiapan  SDM yang mempunyai kinerja yang optimal, kualitas SDM yang dimiliki suatu pelabuhan sebagai pintu gerbang perdagangan tentunya sedikit banyak dapat mempengaruhi dalam  kecepatan pelayanan serta kegiatan yang mendukung pelabuhan untuk perdagangan melalui transportasi laut Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi, wawancara dan kepustakaan.

Hasil yang diperoleh dari pembahasan adalah bahwa dengan melakukan pengembangan SDM merupakan suatu hal yang sangat penting saat ini. Melalui SDM yang kompeten dan berkualitas, maka akan membawa  pelabuhan menjadi lebih baik sebagai pintu gerbang perdagangan. Salah satu cara untuk menjaga kualitas SDM adalah dengan melakukan pelatihan dan pengambangan SDM dilingkungan pelabuhan.

Kesimpulan yang didapat adalah bahwa dengan peningkatan daya saing SDM di Indonesia melalui penguatan kualitas SDM yang lebih berkualitas merupakan modal yang sangat penting dan termasuk salah satu faktor utama dalam menentukan  suatu keberhasilan transformasi di era digitalisasi.

Published
2021-11-16