EFEKTIFITAS OPERASIONAL PENANGANAN KAPAL DI PELABUHAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG OLEH PT.MARIO SAMUDERA JAYA

  • Rachman Tasuf Darmaputra
  • Wiweko Setyadie
Keywords: Keagenan,, Efektifitas,, Clearance In/Out

Abstract

Penulisan  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peranan  keagenan  dalam kegiatan operasional kapal pada PT. Mario Samudera Jaya Kota Bandar Lampung yang meliputi proses Clearance In/Out, dokumen- dokumen yang dibutuhkan, pihak terkait, serta masalah dan kendala yang timbul dalam proses Clearance In/Out.

Seluruh data yang di sajikan dalam penulisan ini di dapatkan dengan menggunakan metode observasi atau pengamatan, wawancara atau interview dan metode studi pustaka.

Dari hasil pembahasan di temukan bahwa masih terdapat kendala- kendala dalam efektifitas jasa keagenan di PT. Mario Samudera Jaya Kota Bandar Lampung, antara lain Kurangya tenaga trampil dalam rekrutmen karyawan yang kompeten dibidang operasional kapal, Masih terjadi keterlambatan dalam mengantarkan dokumen dikarenakan infrastruktur   kantor   dan   Pelabuhan   Panjang,   masih   kurangnya   koordinasi informasi dan komunikasi yang menyebabkan ketidak sesuaian kedatangan dan keberangkatan kapal

Dapat disimpulkan bahwa peranan keagenan dalam melaksanakan kegiatan operasional kapal khususnya dalam pelaksanaan proses Clearance In/Out, harus  melengkapi   dokumen   yang  di   butuhkan,   selalu melakukan   koordinasi   dan kerjasama dengan instansi terkait, serta meningkatkan sistem kompetensi baik untuk SDM (sumber daya manusia) maupun sistem kinerja agar segala kegiatan berjalan dengan baik.

Published
2021-11-16