PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIME DI KELAS TERHADAP KEMAMPUAN TARUNA BERKOMUNIKASI DI SIMULATOR

  • Edy Dwi Prayitno
  • Yusi Rahmawati
Keywords: Kemampuan,, Komunikasi,, Pembelajaran ,, Simulator

Abstract

Artikel ini berisi hasil penelitian tentang bagaimana pengaruh pembelajaran bahasa inggris maritime di kelas terhadap kemampuan taruna dalam berkomunikasi di simulato.Penelitian ini menggunakan metode kausal komperatif kuantitatif dengan teknik analisa data menggunakan uji analisis diskriptif dengan jumlah responden adalah 162 yang terdiri dari seluruh taruna/I jurusan nautika angkatan 54 dengan hasil nilai rata-rata ujian teori/cba adalah 59.46 % dan ujian praktek rata-rata adalah 78.87 % dengan range angka 55-69 adalah 82 taruna dengan presentase 51% untuk ujian teori dan range angka 85-99 sebanyak 52 taruna dengan presentasi 32.1 % dari hasil ujian praktek/simulator. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran dikelas dapat meningkatkan kemampuan taruna dalam berkomunikasi di simulator/praktek hal ini di didukung dengan adanya pembelajaran bahasa Inggris Maritim dikelas,ujian teori/cba,dan ujian praktek sebelum melaksanakan praktek di simulator.

Published
2021-11-16