EFEKTIVITAS DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENCAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF TARUNA/NI POLITEKNIK BUMI AKPELNI

  • Devy Kusumaningrum
  • Wiweko Setyadie
Keywords: Efektivitas Daring,, Motivasi Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif

Abstract

Terhitung bulan Maret 2020 awal dari sebuah wabah Covid (Corona Virus Desease)-19 yang sampai dengan sekarang belum kunjung usai, hal ini tentunya merubah mindset baik didunia Industri maupun Pendidikan. Setiap kejadian tentunya melahirkan adaptasi baru atau perubahan sikap dalam menjalani kehidupan. Di dalam dunia pendidikan, pada sebelumnya selalu mempergunakan pola absensi atau tingkat kehadiran yang telah ditentukan batasan 75 % kehadiran untuk bisa mengikuti ujian maupun memperoleh tugas sehingga memenuhi standar yang telah ditentukan guna memperoleh indeks prestasi yang diharapkan, dan juga sebagai sarana untuk dapat mengetahui sejauh mana motivasi dan peran aktif para Taruna dan Taruni dalam setiap materi perkuliahan yang diberikan. Namun dimasa pandemi ini tentunya absensi atau tingkat kehadiran dirubah dengan pola (daring) atau pembelajaran secara online baik pada saat pemberian materi, penyelesaian tugas maupun pada saat ujian. Untuk itu penulis tertarik untuk dapat melakukan penelitian dengan melakukan jajak pendapat kepada Taruna/ni Angk. 55 dan Angk. 56 di lingkungan Politeknik Bumi Akpelni yang berlokasi di Jalan Pawiyatan Luhur II No.17 Bendan Nduwur Semarang atas efektivitas pembelajaran secara online (daring) terhadap motivasi belajar dan pencapaian indeks prestasi kumulati, dengan menggunakan metode kuatitatif.

Published
2021-11-16