OPTIMALISASI PELAYANAN IMPOR BARANG SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PT. BIRU PRATAMA LOGISTINDO LINE SEMARANG

  • Noni Fitri Febriana
  • Cahya Fajar Budi Hartanto
Keywords: impor,, pandemi,, pelabuhan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang bagaimana upaya optimalisasi pelayanan impor barang selama pandemi Covid-19 di PT. Biru Pratama Logistindo Line Semarang yang merupakan sebuah perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi melalui pengamatan langsung di lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Peneliti menemukan permasalahan yaitu sistem Work From Home (WFH) karyawan yang minim sarana-prasarana penunjang pekerjaan sehingga menghambat penanganan impor, pengurangan jam pelayanan kegiatan impor di instansi terkait sehingga terjadi keterlambatan penerbitan dokumen impor barang, dan kurangnya armada angkutan truk untuk membawa petikemas ke gudang importir. Berdasarkan penelitian, maka disimpulkan bahwa fasilitas yang perlu dibenahi adalah jaringan internet tanpa batas dan berkecepatan tinggi serta update pada komputer/ laptop karyawan sehingga nyaman untuk bekerja dari rumah. Perusahaan harus melakukan komunikasi intensif dengan instansi terkait sehingga penerbitan dokumen bisa dilakukan secepatnya. Perusahaan juga harus menambah relasi dengan penyedia jasa armada truk atau menambah jumlah truk yang dimiliki untuk memenuhi permintaan pengangkutan barang impor tepat waktu. Dengan demikian, maka pelayanan impor barang terlaksana optimal dengan tetap menyesuaikan aturan Pemerintah terkait pandemi Covid-19.

Published
2021-11-16