PERAN MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMOTIVASI SISWA IPA MENJADI WIRAUSAHA MUDA SMANSA SEMARANG

  • Aliyah zahrah nailaputri
  • Nadya Farihah Rahmi

Abstract

Pola pikir kita sebagai generasi muda sebagai pencari kerja harus segera diakhiri dan mengubahnya menjadi penyedia lapangan pekerjaan.Pandangan siswa menjadi wirausaha muda saat ini sudah mulai  giat, seiring dengan penggunaan IT sebagai pengembangan usaha dengan penelitian ini dengan rumusan masalah (1) faktor-faktor yang berpengaruh memotivasi siswa menjadi entrepreneur (2) Upaya menumbuhkan budaya berwirausaha di kalangan siswa SMANSA (3) masih rendahnya minat usia produktif untuk berwirausaha. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sebagai metode ilmiah sering digunakan peneliti dalam bidang ilmu sosial, termasuk juga ilmu pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah Minat berwirausaha siswa SMANSA dipengaruhi lima faktor, dan siswa yang memiliki  ketertarikan dalam diri yang kuat berwirausaha dikarenaka memiliki cita-cita dan keinginan yang kuat menjadi erterpreneur (2). Jejaring sosial setiap informasi kesiswa. Untuk membangun jiwa wirausaha , harus terlebih dahulu mulai dari kebiasaan positif.  Pada akhirnya bisa memotivasi diri sendiri untuk berwirausaha dan memotivasi orang lain untuk berwirausaha.(3) rendahnya minat berwirausaha banyak berpendapat wirausaha tidak bisa dipelajari.  karena masih besar dari usia produktif  menjadi PNS,TNI,POLRI dan bekerja dengan gaji fantastis. SMANSA memberikan pengembangan daya kreatif para generasi muda melalui akan memberikan wadah para inovator muda, khususnya yang menggeluti bidang seni kriya, grafika, teknologi informasi, fashion, musik, film, kuliner dll.

Published
2021-11-16