FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI TARUNA PENDIDIKAN PELAYARAN DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA KOMUNIKASI KEMARITIMAN

  • Aziza Restu Febrianto Politeknik Bumi Akpelni
  • Haryani Haryani Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: Belajar Bahasa Inggris, Faktor, dan Prestasi Mahasiswa Pelayaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dan menginvestigasi faktor yang mempengaruhi pencapaian belajar mahasiswa maritim dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam penerapannya, 25 taruna dari Program studi Nautika dan Teknika Politeknik Bumi AKPELNI terlibat dalam penelitian ini. Pertama mereka diminta untuk mengisi angket terbuka (open- ended questionnaire) yang terdiri atas 10 pertanyaan untuk mencari peserta yang benar-benar representatif. Diantara 25 taruna, akhirnya terpilih 8 peserta yang mengikuti wawancara. Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dan luas, 8 peserta tersebut diminta untuk memberikan penjelasan jawaban yang mereka tulis di angket. Mereka juga diminta untuk memberikan informasi lebih dan berbagi lebih banyak tentang ide, pengalaman, dan cerita mereka melalui wawancara. Keseluruhan cerita yang terekam dalam wawancara ini kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan “Narrative Inquiry” dan “Critical Discourse Analysis” (CDA). Hasil penelitian ini menunjukkan 4 (empat) faktor kontributif yang mempengaruhi prestasi dan pencapaian taruna dalam belajar Bahasa Inggrs: Latar belakang keluarga, motivasi, keyakinan diri, dan pengalaman belajar. Diantara empat faktor ini, motivasi dan keyakinan diri dianggap menjadi faktor pentng yang paling kontributif.

Published
2019-10-16