PENANGANAN KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL BATU BARA OLEH PT. GURITA LINTAS SAMUDERA CAB. BANTEN DI JETTY SELLA PUTRI WULANDARI (SPW)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji tentang bagaimana Agen mengurus dokumen-dokumen kapal yang diperlukan mulai dari kedatangan sampai keberangkatan, khususnya kapal milik PT. Gurita Lintas Samudera. Kepengurusan dokumen kapal tersebut perlu diproses oleh instansi terkait pada lingkungan pelabuhan yaitu kantor Syahbandar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara kualitatif dan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan di lapangan secara langsung, metode wawancara yang ditujukan kepada pihak terkait dalam proses penanganan kedatangan dan keberangkatan kapal, serta metode studi pustaka yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data-data dari berbagai sumber. Hasil yang diperoleh dari pembahasan, bahwa untuk mengatasi masalah yang ada, maka pihak Agen sebaiknya mengetahui proses perpanjangan dokumen yang sudah expired di KSOP Kelas I Banten, mengetahui penyebab jalinan komunikasi yang kurang baik antara agen dan Jetty Master dan instansi yang terkait penyandaran kapal, serta mengetahui alur biaya-biaya operasional kapal dari kantor Cabang guna digunakan bukti yang dapat ditunjukkan kepada kantor pusat untuk pelunasan biaya yang telah dikeluarkan dari kantor Cabang.