OPTIMALISASI PENYELESAIAN DOKUMEN IMPOR OLEH EKSPEDISI MUATAN KAPAL LAUT
(Studi Kasus Pada PT.AHLERS THOENG INDONESIA Cabang Semarang)
Abstract
Dalam peranan ekspedisi muatan kapal laut untuk menangani proses penyelesaian dokumen impor, diperlukan adanya dokumen-dokumen pokok untuk mengurus penyelesaian dokumen impor, barang dari pemasok, sampai di penerima barang. Penyelesaian dokumen tersebut diurus pada instansi-instansi yang terdiri atas instansi Pemerintah maupun Swasta yang terkait dengan jasa- jasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peran ekspedisi muatan kapal laut dalam menangani penyelesaian dokumen impor, serta untuk mengetahui masalah maupun kendala yang timbul saat proses penyelesaian dokumen pengeluaranbarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan analisa deskriptif. Selain itu, data ini juga diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pembahasan telah diperoleh bahwa peran ekspedisi muatan kapal laut dalam menangani dokumen impor oleh PT. Ahlers Thoeng Indonesia Cabang Semarang harus mempunyai dokumen pemilik barang dan data- data pemilik barang yang lengkap supaya proses penyelesaian dokumen impor dapat berjalan lancar.Kesimpulan dari pembahasan ini adalah peran ekspedisi muatan kapal laut untuk menangani proses penyelesaian dokumen impor, diperlukan adanya dokumen-dokumen pokok untuk mengurus penyelesaian dokumen impor. Penyelesaian dokumen tersebut diurus pada instansi-instansi yang terdiri atas instansi pemerintah maupun swasta yang terkait dengan jasa-jasanya.