UPAYA MENGATASI KERUSAKAN PADA RODA BOGIE TB-398 DI UPT DEPO KERETA BESAR A SEMARANG PONCOL

  • Santhi Wilastari Politeknik Bumi Akpelni
  • Mahmud Ibnu Mazid
  • Herry Widodo Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: bogie, frame, roda, kereta api

Abstract

Bogie TB-398 merupakan bogie yang paling banyak dipakai di Kereta Api Indonesia. Proses pemeliharaan bogie dilakukan untuk mendapatkan kembali perangkat bogie dan alat perangkai yang baik agar tetap bisa menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna kereta api indonesia.Salah satu dari beberapa jenis Bogie yang telah dimilki oleh PT Kereta Api (Persero) dan bogie TB-398 ini merupakan pengembangan dari Bogie NT 11 (K 5) dan Bogie NT 60 (K 8).Bogie TB-398 dengan catridge bearing memiliki rangka (frame) dengan konstruksi las. Pentingnya menjaga kondisi dari komponen perangkat roda dengan cara kerja, pemeriksaan, pengawasan, pemeliharaan, serta Pencegahan alat sangatlah penting, serta hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran yang dimiliki oleh antara sesama personil lapangan yang kurang memperhatikan jadwal cara kerja, pemeriksaan, pengawasan, pemeliharaan, serta pencegahanperangkat roda yang ada.

Published
2019-10-16