PELAYANAN SISTEM INAPORTNET DALAM MENINGKATKANLAYANAN KAPAL PADA PT.KHARISMA INDAH LESTARI SEMARANG

  • Iik Suryati Azizah Politeknik Bumi Akpelni
  • Herry Widodo Politeknik Bumi Akpelni
  • Amiliya Apriliyanti
Keywords: inaportnet, keagenan, layanan

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk menjelaskan tentang upaya agen dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan kapal di PT. Kharisma Indah Lestari dalam menggunakan sistem inaportnet. Pengumpulan data yang telah dilakukan oleh penulis adalah dengan cara metode studi pustaka, observasi, dan interview.Dari hasil pembahasan diperoleh bahwa: 1) Gangguan server pada sistem inaportnet menghambat clearance in dan clearance out, sehingga diperlukan adanya persiapan seluruh dokumen baik secara manual ataupunonline. 2) Kapal tidak bisa dilayani secara online karena belum memiliki trayek di pelabuhan tujuan, sehingga perlu adanya penambahan trayek kapal melalui owner kapal. 3) Keterlambatan clearance out kapal disebabkan oleh adanya penanganan dokumen kapal yang tidak tepat waktu, sehingga hal ini perlu ditangani dengan tepat waktu. Kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan ini adalah bahwa agen harus cekatan dalam mempersiapkan dokumen setiap kali dibutuhkan, khususnya jika clearance in atau clearance out dilakukan secara manual. Selain itu, agen dan owner kapal harus terus melakukan komunikasi dan mampu meningkatkan keahlian sumber daya manusianya.

Published
2019-10-16