Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Jenis Huruf

Semua tulisan menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan spasi tunggal dan layout rata kanan kiri kecuali yang diatur tersendiri.

Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul artikel harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan huruf kapital dengan posisi ditengah dan dibuat seperti piramida terbalik dengan ukuran huruf 12 pt dan ditebalkan (bold). Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar dengan ukuran huruf 11 pt dan ditebalkan.  Jika penulis lebih dari satu dan berlainan lembaganya maka diberi keterangan dengan menambahkan angka superkrip 1 dan 2 diakhir nama penulisnya. Penjelasan superskrip 1 dan 2 diletakkan dibawahnya mencakup nama program studi, fakultas, perguruan tinggi serta
alamatnya. Ukuran huruf penjelasan tersebut 11 pt dan tidak ditebalkan. Email ditulis dengan huruf kecil dengan ukuran 10 pt tidak ditebalkan dan hanya untuk penulis utama, dengan menambah superscript * jika penulis lebih dari  1 orang.  Penulis yang bertanggung jawab, penulis korespondensi, atau penulis yang sesuai harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh yang kedua, yang ketiga, dan seterusnya.  Jika nama penulis terdiri dari setidaknya dua kata, nama depan tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata, itu harus ditulis apa adanya. Namun, dalam versi online agar ditulis dalam dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindeksan metadata.

Ruang antara judul dengan nama penulis dan alamat email penulis dengan abstrak adalah satu spasi.  Abstrak ditulis dengan ukuran 10 pt dan batas tulisan (margin) kiri 40 mm dan margin kanan 35 mm. Abtrak tidak boleh melebihi 200 kata dan berisikan tentang tujuan, metode dan hasil kajian/penelitian.Kata kunci harus dituliskan di bawah keseluruhan abstrak untuk semua kata, disusun menurut abjad dan dipisahkan secara semikolon maksimal tiga sampai lima kata. 

Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan via email atau sistem ke penulis pertama atau penulis korespondensi saja.

Panduan Umum Artikel

  1. Pedoman umum naskah naskah adalah sebagai berikut:
    Naskah adalah hasil penelitian asli yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbitan lainnya.
  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme.
  3. Proses pengiriman dan publikasi gratis, tanpa biaya tambahan.
  4. Naskah penulisan naskah pedoman dan template bisa diunduh di sini. Template penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).
  5. Naskah pengiriman online dapat dilihat di bagian panduan pengiriman online di bawah ini.
  6. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
  7. Naskah tersebut harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (sub judul sebagai urutannya), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama pengarang (tanpa gelar akademis), (c) Asal instansi dan Alamat penulis, (d) email penulis (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) Landasan Teori, (h) metode, (i) hasil dan pembahasan, (j) kesimpulan, dan (k) daftar pustaka.
  8. Hindari penggunaan sub judul di dalam tubuh artikel. Jika terdapat sub judul, maka sub judul ditulis dalam format huruf tebal dan huruf kapital pada awal kata. Menggunakan alignment teks kiri tanpa garis bawah.
  9. Naskahnya bisa ditulis baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan bahasa standar. Artikel itu terdiri dari kurang lebih delapan (8) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah harus ditulis sesuai dengan template artikel. Artikelnya ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin kustom sebagai berikut: kiri 30 mm, kanan 25 mm, bawah 25 mm dan atas 25 mm.
  10. Teks artikel harus ditulis menggunakan font Times New Roman, ukuran huruf 12pt, spasi tunggal, dipisahkan menjadi dua kolom (kecuali judul utama, nama pengarang, dan abstrak) dengan spasi di antara kolom 5 mm.
  11. Kata-kata dari bahasa asing atau bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah atau kata-kata asing harus dihindari. Setiap paragraf mulai 10 mm dari sisi kiri batas kiri paragraf tanpa spasi antar paragraf. 
  12. Tabel dan gambar ditempatkan pada kelompok teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi judul di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab yang diikuti oleh judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul dan diberi nomor dalam format penomoran Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar lampiran harus dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis terlihat jelas). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, bisa diletakkan di tengah halaman. Tabel menampilkan garis vertikal dan garis horisontal.

Panduan untuk Teks Tubuh Artikel

Judul artikel: Judul harus informatif dan ditulis baik secara singkat dan jelas, tidak menyebabkan beragam interpretasi, harus tepat dengan isu-isu yang akan dibahas. Judul ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam dua belas kata, font berukuran 12 pt, dengan dicetak tebal dan teks rata tengah.

Sementara itu, abstrak harus ditulis tidak lebih dari 200 kata serta diikuti dengan tiga sampai lima kata kunci. Pendahuluan: bagian pendahuluan terutama berisi: (1) latar belakang; (2) permasalahan; (3) solusi yang ditawarkan; dan (4) target luaran.
Landasan Teori : pada dasarnya bagian ini menjelaskan teori yang digunakan sebagai dasar pembahasan masalah dan metode yang digunakan.

Metode : Uraian metode kegiatan meliputi metode dan materi yang disampaikan.

Hasil dan Pembahasan: bagian ini merupakan bagian utama artikel.  Hasil dan pembahasan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data tidak perlu disajikan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas.

Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menunjukkan bagaimana implementasi atau solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah; (2) menunjukkan bagaimana luaran dari implementasi atau solusi tersebut sebagai indikator; serta (3) menjelaskan faktor-faktor pendorong atau penghambat.

Penutup: Penutup berisi kesimpulan. Pada bagian ini kadang-kadang juga dimuat ucapan terimakasih.
Daftar Pustaka: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber utama yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi.

Panduan untuk Kutipan dan Referensi

Naskah ini diharapkan melibatkan sekitar minimal 5 referensi primer dan terbaru untuk menegaskan kontribusi berkualitas tinggi bagi pengembangan pengetahuan dari total Jumlah Referensi minimal 10 Referensi.  Penulisan kutipan/sitasi terdiri dari nama belakang penulis dan tahun penerbitannya. Penulisan sumber kutipan diawal kalimat terdiri dari Nama Penulis dan tahun (didalam kurung). Contoh untuk satu dan dua penulis: Rajan dan Senthil Kumar (2009), menyimpulkan bahwa EGR mengurangi … dst.  Contoh untuk lebih dari dua penulis: Prasad dkk. (2009), menyelidiki pengurangan emisi NOx dari … dst. Penulisan sumber kutipan diakhir kalimat terdiri dari Nama Penulis dan tahun (didalam kurung semua). Kajian untuk mengetahui kinerja turbin telah banyak dilakukan, diantaranya adalah analisis heat rate turbine (Narwekar dan Shah, 2012 untuk satu atau dua penulis; Adachi dkk, 1997 untuk penulis lebih dari dua). 

Penulisan referensi : Penulisan daftar pustaka tanpa nomor urut, baris pertama rata kiri dan baris kedua seterusnya menjorok ke dalam 10 mm. Antara sumber pustaka tidak ada spasi. Daftar pustaka ditulis berdasarkan abjad. Contoh penulisan daftar pustaka berbagai sumber: (1) penulisan jurnal ilmiah/prosiding : Penulis 1, Penulis 2 dan seterusnya (Nama belakang, nama depan disingkat), Tahun publikasi, Judul artikel Cetak Miring, Nama Jurnal, Volume, Nomor, Rentang Halaman,(2) website : Penulis, Tahun publikasi, Judul Cetak Miring, Alamat Uniform Resources Locator (URL).Tanggal Diakses., (3) buku teks/handbook : Penulis 1, Penulis 2 dst., (Nama belakang, nama depan disingkat), Tahun publikasi, Judul Buku cetak miring, Edisi,  Penerbit, Tempat Publikasi., (4) Skripsi/Tesis/disertasi : Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat), Tahun publikasi, Judul Cetak Miring, Skripsi Tesis atau Disertasi, Universitas, Tempat Publikasi. 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.