Pelayanan Keberangkatan dan Kedatangan Kapal Penumpang Pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni

  • Alfian Haris Hanafi Politeknik Bumi Akpelni
  • Retno Indriyati Politeknik Bumi Akpelni
Keywords: Optimalisasi, pelayanan, Penumpang, sistem pembayaran

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tentang kegiatan yang dilakukan di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni sebagai pelabuhan yang berperan penting pada sarana transportasi laut. Dalam kegiatan pelayanan penyeberangan penumpang PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni mengalami kendala, hal ini disebabkan karena adanya perubahan sistem yang belum disosialisasikan kepada pemakai jasa. Kendala-kendala tersebut antara lain : perubahan sistem pembayaran tiket yang menyebabkan terlambatnya keberangkatan kapal, kerusakan kapal di dalam dermaga dan kurangnya petunjuk arah yang  membuat para calon penumpang salah memasuki dermaga.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dan studi literatur. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan,   penulis   melakukan studi pustaka, pengamatan pada obyek dan melakuakn wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan kendala yang dialami oleh PT. ASDP Indonesia  Ferry (Persero) Cabang Bakauheni.

Dari pembahsan dapat disimpulkan bahwa pelayanan jasa yang profesional dalam menangani proses kegiatan penumpang memberikan dampak yang positif yaitu tercapainya kepuasan pelanggan. Selain itu sebagai penyedia jasa yang baik, PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni juga berkewajiban menyelesaikan berbagai kemungkinan permasalahan yang muncul dalam kegiatan pengangkutan penumpang. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni harus segera mengambil solusi yang tepat dan bijak sehingga semuanya dapat diselesaikan dengan baik.

Author Biographies

Alfian Haris Hanafi, Politeknik Bumi Akpelni

Program Studi Nautika

Retno Indriyati, Politeknik Bumi Akpelni

Program Studi Nautika

Published
2021-04-26