STRATEGI MENGATASI PENYEBAB SURGING MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA DI MT. ONTARI

  • Afdolludin Afta Tazani Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Keywords: Surging,, Turbocharger,, SWOT

Abstract

Turbocharger adalah sebuah komponen untuk menambah jumlah udara yang masuk kedalam silinder dengan memanfaatkan energi gas buang. Kualitas gas buang sangat mempengaruhi putaran turbin turbocharger. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data menggunakan metode SWOT untuk menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan surging Mesin Diesel Penggerak Utama dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor tersebut dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Peneliti, penyebab surging Mesin Diesel Penggerak Utama disebabkan oleh dua faktor, yaitu lolosnya kompresi pada saat pembakaran karena oversize cylinder liner dan suplai suku cadang Mesin Induk di atas kapal terhambat.Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan mengganti cylinder liner yang sudah oversize, menurunkan putaran Mesin Induk agar gas buang lebih stabil, mengurangi konsumsi minyak lumas silinder untuk mengurangi lumpur pembakaran di ruang udara bilas, mengoperasikan auxiliary blower menjadi manual untuk menjaga tekanan udara bilas dalam tekanan normal selama Mesin Induk beroperasi,  rekondisi pada suku cadang Mesin Induk seperti piston crown dan piston ring dengan cara membersihkan sehingga dapat digunakan lagi untuk sementara waktu menunggu suku cadang tiba di atas kapal, dan melakukan pembelian suku cadang dengan uang kapal terhadap suku cadang yang sifatnya ringan dan terjangkau untuk perawatan dan perbaikan suku cadang Mesin Induk.

Published
2021-09-29
How to Cite
Afta Tazani, A. (2021). STRATEGI MENGATASI PENYEBAB SURGING MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA DI MT. ONTARI. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 23(2), 96-100. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v23i2.161