Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan dengan e-ISSN 2656-629X dan p-ISSN 1411-230. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol,  elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi.  Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor.  Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan.  Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari).  Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret

Tahun 2019 pada Volume 21 nomor 1 adalah pertama kalinya Majalah Gema Maritim terbit dengan ISSN Online.  

FOKUS DAN CAKUPAN

Fokus Majalah Ilmiah Gema Maritim  adalah ilmu terapan bidang Maritim dengan scope meliputi :

  1. Permesinan Kapal
  2. Kelistrikan
  3. Perawatan permesinan
  4. Pneumatic
  5. Sistem kontrol
  6. Elektronika
  7. Navigasi
  8. Keselamatan
  9. Astronomi
  10. Stabilitas kapal
  11. Logistik
  12. Eksport import
  13. Kepabeanan
  14. Kepelabuhanan
  15. Transportasi laut
  16. Bahasa
  17. Teknologi informatika dan komunikasi.

KEBIJAKAN AKSES

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa publikasi hasil penelitian tersedia secara bebas untuk publik sebagai sarana pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Manfaat akses terbuka bagi penulis, termasuk: Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia.  Hak cipta hasil penelitian melekat kepada penulis, penulis berhak mencatatkan hasil karyanya sebagai hak cipta.

KEBIJAKAN PROSES REVIEW

Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan dipilih melalui proses review awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel akan dikirim ke reviewer dan akan menuju ke seleksi berikutnya dengan proses review. Setiap artikel akan direview oleh minimum 2 (dua) orang reviewer yang se-rumpun ilmu. Setelah itu, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Proses ini membutuhkan waktu maksimum satu bulan. Dalam setiap naskah, reviewer akan menilai aspek substansial dan teknis. Reviewer yang bekerja sama dengan Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah ahli di bidang penelitian sesuai bidang ilmunya masing-masing dan isu-isu di sekitarnya. Mereka berpengalaman dalam pengelolaan jurnal bergengsi dan publikasinya tersebar di lingkup nasional maupun internasional.