Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret

Majalah ilmiah ini tebuka untuk umum.  Para peneliti yang berminat mempublikasikan karyanya di Majalah Ilmiah Gema Maritim dipersilakan melakukan pendaftaran / register di sini.  Setelah registrasi / pendaftaran berhasil, sebagai penulis silahkan log in dan mulai mempublikasikan karya dengan mengikuti 5 langkah.  Pedoman penulisan atau template dapat di-download di sini. Naskah yang telah selesai dan lolos review akan diterbitkan.

Penulis memiliki hak-hak berikut : Hak cipta, dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk kuliah dan buku. Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinannya tidak ditawarkan untuk dijual. Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut. Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.

Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulisnya tentang ketentuan persetujuan ini.