Analisis Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di Lingungan Yayasan Catur Praya Tunggal Semarang

  • Suprihono Setyawan UNISS Kendal
Keywords: pemberdayaan, motivasi, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru pada sekolah dibawah naungan Yayasan Catur Praya Tunggal Semarang. Dengan menggunakan metode populasi dimana jumlah sample sebanyak 92 orang, yang terdiri dari 52 orang laki-laki (57%) dan 40 orang perempuan (43%), dengan masa kerja minimal 5 tahun. Hasil uji validasi pemberdayaan (X1) terdapat 7 item yang memiliki loading faktor lebih dari 0.4 sehingga dinyatakan valid. Hasil uji validasi motivasi (X2) terdapat 6 item yang memiliki loading faktor lebih dari 0.4 sehingga dinyatakan valid. Hasil uji validitas kinerja guru (Y1) terdapat 10 item yang memiliki loading faktor lebih dari 0.4 sehingga dinyatakan valid. Dari hasil analisis regresi linier berganda dapat dijelaskan bahwa adjusted R2 square adalah 0.483 artinya 48.3% variable kinerja guru dapat dijelaskan oleh variasi dua variable pemberdayaan dan motivasi, sedangkan sisanya sebesar 51.7% dijelaskan oleh variable lain diluar model penelitian. Hasil lain diperoleh bahwa nilai F hitung sebesar 8.342 dengan probalilitas 0.000 dengan demikian maka model regresi dapat dikatakan bahwa pemberdayaan dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja. Hasil dari analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa Pemberdayaan dan motivasi masing-masing berpengaruh positif Kinerja Guru pada sekolah dibawah naungan Yayasan Catur Praya Tunggal Semarang.

Published
2020-03-31