Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal

  • Iing Mustain AKMI Cirebon
  • Abdurohman AKMI Cirebon
  • Ujang Abdullah AKMI Cirebon
Keywords: pompa pendingin, mesin induk, impeller, tekanan pompa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab menurunya tekanan pompa pendingin air laut pada mesin induk di kapal. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitaif deskriptif yaitu dengan melakukan pengamatan tentang menurunnya tekanan pompa air laut pendingin mesin induk kapal. Waktu yang digunakan dalam melaksanakan penelitian dan pengumpulan data-data yang diperlukan adalah 12 bulan lebih 10 hari. Hasil pengamatan diperoleh kurangnya daya hisap dan tekanan pompa air laut disebabkan saringan isap tertutup kotoran saat kapal masuk ke perairan dangkal baik pantai maupun sungai yang terdapat kotoran terutama sampah plastik dan lumpur, kotoran tersebut akan menghalangi aliran isap dari pompa pendingin. Menurunnya kinerja impeller pada pompa disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada Impeller oleh kotoran-kotoran, keran-keran atau binatang laut yang masuk melalui Sea Chest sehingga menyebabkan terjadinya penurunan tekanan pompa ait laut. Kebocoran pada bagian gland packing pompa berupa tetesan zat cair yang jumlahnya tidak lebih dari 0,5 cm3/s. Jika jumlah tetesan lebih dari ini, penekan Packing harus di kencangkan pelan-pelan dan merata dengan mengencangkan kedua mur secara bergantian sampai tetesan menjadi normal, apabila setelah di kencangkan tetesan masih tidak normal gland packing wajib diganti dengan yang baru.

Published
2020-03-31